Powered By Blogger

Jumat, 11 November 2011

CARA MANIPULASI FOTO

manipulasi foto dengan photoshop 2

| Kamis, 10 November 2011

Go to page: 1 | 2 | 3


Cara menggunakan Adobe Photoshop - dalam artikel
maipulasi foto dengan photoshop bagian satu. Saya telah membahas step awal atau tahap pertama dari tutorial manipulasi foto. saya telah menganggap anda telah mempelajari seleksi / bagaimana Cara menggunakan Adobe Photoshop menghilangkan background foto juga bagaimana cara menyeleksi helai rambut sebagaimana yang telah saya bahas pada bagian pertama dari tutorial ini.

Tutorial Manipulasi Foto

saya anggap hasil akhir dari foto yang telah tercutting dengan sempurna akan tampak seperti gambar dibawah ini :

Kemudian buka juga foto yang akan kita jadikan background dari foto yang telah kita cutting ini, dan pada Adobe Photoshop akan terbuka dua kanvas kerja, yang pertama foto yang telah tercuting dan yang kedua foto yang akan kita jadikan background
Bila tampilan di Adobe Photoshop tidak tampak kedua foto tersebut maka Cara menggunakan Adobe Photoshop untuk melihat semua kanvas kerja yang sedang aktif adalah dengan menekan tombol F pada keyboard beberapa kali, atau pada Menu Bar pilih Windows - Arangge - Cascade. agar semua kanvas kerja dapat terlihat
kemudian aktifkan Move Tool pada pallete tool box, Cara menggunakan Adobe Photoshop Move Tool adalah dengan meng-klik dan tahan foto yang akan kita jadikan sebagai background dari project manipulasi foto, kemudian tarik ke dalam foto yang telah tercutting.

Perhatikan pallete layer, apabila letak layer background foto berada di atas foto yang telah tercutting maka klik dan tahan layer background foto yang berada di atas layerr foto yang tercutting lalu tarik ke bawah layer foto yang telah tercutting. untuk mempelajari pallete layer silahkan membaca
mempelajari pallete layer maka hasil nya akan tampak seperti gambar dibawah ini :

tahap berikut nya adalah menyembunyikan bagian kaki objek agar tampak seperti berada di belakang jembatan dari background foto, Cara menggunakan Adobe Photoshop masking adalah dengan menggunakan
Polygonal Lasso Tool dan buat lah seleksi di atas layer foto objek atau foto yang telah tercutting seperti yang tampak dibawah ini :

setelah bagian tersebut terseleksi, klik kanan pada area terseleksi lalu pilih select inverse, kemudian untuk menyembunyikan bagian ini gunakan tehnik masking. klik add layer mask pada pallete layer, bila ini dilakukan dengan benar makan hasilnya akan tampak seperti dibawah ini :

untuk yang belum mengetahui di mana letak dari add layer mask perhatikan gambar dibawah ini :

yang saya beri nama C adalah add layer mask fungsinya adalah untuk mengaktifkan layer masking pada layer kerja kita. silahkan pelajari
pallete layer pada photoshop untuk pembahasan lebih rinci mengenai pallete layer

Cara Manipulasi Foto

melihat-lihat koleksi foto di dalam komputer saya ada sebuah foto yang saya ambil pada bulan agustus 2011, foto ini sebenarnya terdapat di dalam kumpulan foto prewedding saya, yang tampaknya foto ini tidak akan saya masukkan ke dalam album prewedding saya nantinya (jadi sedikit out of topik - karna kebetulan tanggal 20 november 2011 ini saya akan melangsungkan pernikahan. dan untuk foto prewedding saya dilain kesempatan akan saya publish berikut saya juga akan menulis artikel tentang bagaimana cara edit foto prewedding)

kemudian untuk background foto nya saya mencarinya dari google images dengan keyword "city" dikarnakan manipulasi foto ini sifatnya dadakan jadi foto nya tidak terkonsep dengan baik maka temanya pun tidak bisa saya sesuaikan dengan tepat alhasil hanya background foto ini saja yang saya rasa cocok untuk menipulasi foto kali ini.

setelah semua bahan untuk mengolah foto manipulasi saya rasa cukup maka kita akan masuk ke tahap tutorial manipulasi foto dengan adobe photoshop

Tutorial Manipulasi Foto

Cara menggunakan Adobe Photoshop untuk memanipulasi foto hal yang pertama yang harus kita lakukan tentu saja membuka foto yang akan kita manipulasi. disini saya mencontohkan dengan foto Pratiwi Novianti (kebetulan yang akan menjadi istri saya sebentar lagi), setelah foto objek masuk ke kanvas kerja photoshop seleksi foto tersebut agar kita dapat mengganti background foto tersebut dengan background foto yang telah kita persiapkan.

setelah bagian-bagian dari background foto yang akan kita hilangkan terseleksi dengan baik maka tekan [ Del ] pada keyboard dengan sebelumnya mengatur nilai feater sebesar 0,5 - 1. tentang apa dan bagaimana feater sudah pernah saya bahas pada artikel cara menyeleksi dengan halus silahkan membacanya, karna di artikel itu juga saya membahas bagaimana cara merubah background foto.

Bagian background yang akan kita hilangkan sudah kita hilangkan dengan menyisakan bagian rambut yang masih terdapat background dari foto aslinya, hal ini saya sengajakan karna untuk menghilangkan background pada helai rambut kita akan melakukannya secara khusus. untuk yang belum mengetahui bagaimana cara mengcutting rambut sejenak tinggalkan halaman ini untuk membaca dan mempelajari
cara seleksi helai rambut di photoshop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar